Kelembagaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) diharapkan dapat menjadi lembaga pengelola kegiatan yang berfungsi sebagai pengelola keuangan dan pinjaman, pelaksana program dalam kaitan fungsi partisipatory development agency, serta penguatan dan pembinaan kelompok.
Laporan Pertanggungjawaban Tahunan merupakan salah satu amanat dari AD/ART BKAD Kecamatan Sindang yang mengacu pada BAB XV Pasal 33  ayat 2 dan 3 yang didalamnya termuat tentang kewajiban pengurus UPK untuk melaporkan  seluruh kegiatan dan pengelolaan keuangan selama kurun waktu satu tahun.
Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan
Sindang Tahun Buku 2013 yang diselenggarakan pada Rabu (22-01-2014) dimulai Pukul
09.00 bertempat di Aula
Balai Desa Sindang Kec. Sindang Kab. Majalengka.


Tujuan penyusunan laporan pertanggungjawaban adalah :
· Menyampaikan Laporan perkembangan UPK dalam pengelolaan keuangan, pengelolaan pinjaman dan kelembagaan serta pelaksanaan kegiatan dalam periode satu tahun berjalan kepada forum MAD.
· Untuk melakukan evaluasi dan analisa atas hasil kegiatan yang telah dilaksanakan UPK selama satu tahun.
· Menyampaikan laporan Badan Pengawas UPK atas hasil pengawasannya terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan UPK.
· Meminta pengesahan forum MAD atas laporan yang telah disampaikan pengurus UPK.
· Meminta persetujuan forum MAD atas Rencana kerja UPK untuk periode satu tahun ke depan.
· Meminta persetujuan forum MAD atas Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya UPK untuk periode satu tahun ke depan.
adapun Rencana Kerja Tahun 2014 adalah sebagai berikut :

1.
Bidang Operasional dan
Manajemen
a
Meningkatkan kebersamaan pengurus UPK serta kelembagaan sehingga memiliki
rasa tanggungjawab sesuai dengan tugas dan wewenangnya.
b
Mengadakan studi lapang dan peningkatan kapasitas pengurus Unit Pengelola
Kegiatan (UPK) dan kelembagaan.
c.
Mengadakan rapat koordinasi secara rutin baik bulanan atau triwulan untuk
melakukan evaluasi pelaksanaan kerja yang telah direncanakan.
d.
Meningkatkan sosialisasi mengenai Pinjaman Kelompok SPP dan UEP bagi
masyarakat yang membutuhkan modal usaha.
2.
Bidang Pembinaan dan
Pemberdayaan
a.
Mengadakan pelatihan kelompok dalam pengelolaan administrasi dana
perguliran dan pelaporan
b.
Pembinaan kelompok unggulan di tiap desa dan melakukan identifikasi
kegiatan home industri kelompok peminjam.
c.
Memfasilitasi Kegiatan Asosiasi Kelompok untuk pengelolaan dana Simpanan
dan Tanggung Renteng Kelompok.
d.
Pemberian hadiah untuk kelompok yang berprestasi dengan kriteria
penilaian secara  objektif  dan diharapkan agar memotivasi kelompok
dalam hal pembayaran angsuran.
3.
Bidang Sarana dan Inventaris
a.
Melakukan perawatan alat-alat kantor dan inventaris yang sudah ada
b.
Merencanakan pengalokasian dana untuk perawatan bangunan kantor Unit
Pengelola Kegiatan (UPK)
c.
Melengkapi sarana kerja dan inventaris lainnya dalam rangka memenuhi
tuntutan perkembangan UPK.
4.
Bidang Pinjaman dan Perguliran
a.
Meningkatkan penyaluran Pinjaman Dana Perguliran untuk kelompok SPP dan
UEP dengan pelaksanaan perguliran pinjaman setiap bulan.
b.
Mengadakan penanganan terhadap pinjaman bermasalah, dengan penagihan
langsung oleh petugas UPK bersama BP-UPK dan TP2.
c.
Memberikan IPTW kepada kelompok yang melakukan pembayaran tepat waktu
5.
Bidang Pengawasan dan
Pelestarian Sarana / Prasarana
a.
Melakukan Pelatihan untuk Tim
Pengelola dan Pemelihara Prasarana (TP3) seluruh desa yang memperoleh
kegiatan sarana/prasarana
b.
Meningkatkan monitoring dan supevisi terhadap pembangunan sarana/ prasarana
6.
Bidang Sosial Kemasyarakatan
a.
Memberikan Beasiswa kepada anak-anak anggota kelompok peminjam yang
benar-benar membutuhkan
b.
Mengadakan bantuan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) di kecamatan Sindang
terutama kepada RTM yang benar-benar perlu dibantu dengan pemberian Modal
Usaha.
c.
Memfasilitasi Kelompok dalam Promosi dan Pemasaran Hasil Produk Kelompok
d.
Melaksanakan kegiatan untuk Media
Sosialisasi, Informasi dan Promosi